Breaking News
Loading...
Minggu, 19 Januari 2014

Komik “WILDLIFE” Inspirasi Menjadi Seorang Dokter Hewan

12.12
Pernah mendengar Komik ‘Wildlife’? , mungkin bagi kalangan mahasiswa kedokteran hewan komik ini tidak asing, karena mengkisahkan tentang perjuangan dokter hewan bernama Tessho untuk menyelamatkan berbagai satwa baik dari hewan kecil (anjing,kucing), ternak, ataupun satwa liar. Pada awal cerita dari komik ini mengisahkan seorang anak SMA bernama Tessho Iwashiro yang merupakan anak sekolah yang bermasalah dengan akademiknya dan dia memiliki suatu keahlian yang tidak dimiliki oleh siswa lainya yaitu berupa pendengaran yang sangat peka, pada waktu Tessho berjalan ditaman Tessho menyelamatkan seekor anak anjing liar yang dipermainkan oleh orang, dan kemudian karena merasa iba Tessho menolong anjing itu, dan anjing itupun diberinama ‘inu’, inu merupakan anjing sangat baik dan setia tapi tanpa disangka bahwa inu mengalami gangguan penyakit yang harus segera ditolong, dengan bantuan Kashu seorang dokter hewan,

Tessho dapat menyelamatkan inu, dan berawal dari situ Tessho berniat menjadi dokter hewan. Dan pada cerita yang dibuat oleh Fujisaki Masato digambarkan bahwa Tessho akhirnya lulus menjadi seorang dokter hewan dan bekerja disuatu Rumah Sakit Hewan terkenal didunia yaitu R.E.D. Dalam perjalananya menjadi seorang dokter hewan Tessho mengalami banyak tantangan dan kesulitan dari berbagai macam kasus yang dihadapinya mulai dari hewan kecil, hewan ternak, dan satwa liar.

Komik tersebut walaupun menceertikan cerita fiksi tetapi banyak hal yang dapat kita pelajari dari cerita tersebut, salah satunya dapat membuat kita sadar bahwa profesi dokter hewan merupakan profesi yang sangat mulia, seorang dokter hewan bekerja sebagai ‘healing profession’ atau profesi penyembuh, bukan hanya menyembuhkan hewan saja tetapi dokter hewan juga dapat menyehatkan manusia melalui usaha preventif (pencegahan) penyakit yang ditulurkan dari hewan kemanusia ataupun sebaliknya.

Walaupun disamping sebagai kedokteran hewan merupakan salah satu tongak kesehatan dilain sisi profesi kedokteran hewan sangat dibutuhkan dalam dunia lain, melingkupi dunia peternakan dan perikanan dalam banyak hal terutama untuk penjaminan mutu produk peternakan yang aman dikonsumsi, dan kehutanan yang masuk kedalam ranah konservasi satwa liar.

Menurut Eka Christiana Caspriyati mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada yang merupakan pengemar berat komik-komik Jepang dan anime menyatakan bahwa dirinya sangat bangga bahwa kegiatan mulian seorang dokter hewan dapat dibuatkan dalam bentuk sederhana dalam komik sehingga bisa dibaca oleh berbagai kalangan dan masyarakat lebih mengetahui profesi dokter hewan .

“Saya sangat senang dalam komik wildlife menceritakan dokter hewan…uwapike pool…bisa memberitahukan pengetahuan lebih mengenai dunia kedokteran hewan iki ….”

Makna yang diambil dari komik tersebut seorang dokter hewan dituntut untuk selalu bersifat kreatif, ulet, dan professional sesuai apa yang digambarkan oleh karakter seorang Tessho Iwashiro, dokter hewan bekerja menurut kode etik yang ada bukan sembarangan bekerja, dokter hewan merupakan profesi yang artinya apabila dalam tindakannya dilakukan prosedur yang tidak benar maka akan dapat mencelakakan masyarakat luas, dan ketika menjadi dokter hewan maka seseorang harus bersumpah untuk selalu berpegang tenguh pada etik profesi. Jadi sudah jelas bahwa menjadi dokter hewan merupakan salah satu pilihan yang tepat karena sama mulianya dengan profesi lain (HAJ)

Source : Imakahi

0 komentar:

Posting Komentar