Breaking News
Loading...
Senin, 20 Januari 2014

Kembali ke Sapi Lokal (Bag. III - HABIS)

05.56
Sapi Lokal (sumber: ternakonline)
Jūi gakusei | 獣医学生, Kampus. Sapi lokal mampu bertahan hidup dengan kondisi performa badan yang tetap ideal. Lain halnya dengan sapi impor, dia butuh pakan yg selalu terjamin kualitasnya untuk bisa hidup sehat, bereproduksi normal. Padahal, rata-rata peternak Indonesia berpenghasilan rendah yang tak kuat untik membeli pakan yang mahal.

Tak hanya itu, program pembangunan peternakan juga harus diwujudkan secara optimal. Dari beberapa penelitian terungkap bahwa dalam program pembangunan peternakan terdapat sejumlah peternak yang hanya mengadopsi komponen-komponen tertentu dari paket teknologi yang direkomendasikan, bahkan ada indikasi bahwa sebagian peternak yang semula telah melaksanakan paket teknologi kemudian kembali lagi pada teknologi usahatani lama.

Gejala tersebut dapat menghambat upaya pelembagaan teknologi pertanian pada kelompok-kelompok sasaran. Oleh karena itu, diperlukan adanya penyuluh pertanian yang memadai dan cakap di bidangnya. Penyuluhan memudahkan peternak untuk adopsi dan difusi inovasi dengan metode yang tepat & efektif akan mempermudah untuk dipahami oleh peternak.

Diharapkan dengan adanya program pembangunan peternakan yang optimal dan juga konsumsi daging sapi kembali ke sapi lokal, diharapkan dapat mewujudkan program swasembada daging 2014 yang tinggal sebentar lagi. Dengan demikian, Indonesia bisa mandiri dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi protein hewani masyarakatnya. (HABIS)

Rahmatika Choiria, Gina Nafsil Mutmainah, Ai Samrotul Hasanah, Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran

Finalis Debat Peternakan Nasional 2013, TIMPI ISMAPETI

0 komentar:

Posting Komentar